Mahkota Sultan Tidore

Sabtu, 13 Juni 2009

SOBIQ FANANI,Pilot Heli Yg Jatuh Itu, Benarkah Temanku Dulu ???


Beberapa saat yang lalu, ketika aku lagi nonton Tivi, secara kebetulan mataku melihat tulisan Runing text di Metro TV, yg menuliskan korban yang tewas pada kecelakaan jatuhnya helikopter Puma SA330 di Lapangan Udara Atang Sanjaya Bogor pada hari jumat 12 Juni tadi salah satunya adalah sang pilot Mayor Pnb. SOBIQ FANANI.

Sontak saja pikiranq langsung teringat beberapa tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1996. Ternyata udah lama juga ya, 13 tahun yg lalu. Dalam hatiku lantas bertanya, bukankah itu si Sobiq Fanani Alumnus AKABRI AU thn 1996 temanku dulu waktu sama-sama di Jambi ?

Sebetulnya pertemananq dengan si Sobiq Fanani ini terjadi ketika kami sama-sama mengikuti kegiatan LATSITARDA NUSANTARA (Latihan Integrasi Taruna Dewasa). Sebuah kegiatan rutin tahunan dari Taruna AKABRI jelang akhir pendidikan. Kalau untuk mahasiswa seperti KKN lah. Waktu itu pesertanya bukan hanya dari AKABRI karena namanya juga latihan integrasi, maka bergabung pula, beberapa mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Tanah Jawa, yang kebanyakan dari anggota MENWA (Resimen Mahasiswa), termasuk salah satunya aku.

Waktu itu, aku sama Sobiq Fanani kebetulan ditempatkan sama-sama di 1 Desa namanya masih kuingat, Desa PEMBENGIS, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Propinsi Jambi. Menyebut daerah tsb aku jadi teringat lagi suka duka kami selama di sana. Tanahnya bergambut, Qta main bola aja lapangannya kaya sawah, kalau lari separuh kaki masuk ke dalam tanah. Tpi tetap semangat juga berlumpur-lumpur ria. Disana juga kan banyak barang2 ilegal yg masuk dari singapura, lewat pelabuhan Kuala Tungkal. Pada murah2 barang2 disana. Lucunya disana kbanyakan barang2 dagangan di kios2 asalnya produk dari luar negeri. Jarang yg made in Indonesia. Kebanyakan dari Malaysia, Thailand,Singapura, bahkan rokok Marlboronya juga asli made in USA. Rasanya beda jauh ma Mrlboro buatan Indonesia.

Oiya kembali lagi ke SOBIQ FANANI. Sampai saat ini aku masih belum memastikan apakah benar dia ataukah ada yang mempunyai nama yang sama. Ku lantas teringat sebuah buku notesku yg sampai saat ini masih ku simpan, disitu tertulis semua nama-nama teman LATSITARDA termasuk SOBIQ FANANI. Di notes ini, dia sendiri yg nulis alamatnya ada 2, yakni Jln. Gatot Subroto No. 250 Magelang Telpon (0293) 61117 dan Banjaran RT 01/6 No. 2 Tempuran Magelang Kode Pos : 56161 Telpon (0293) 61478.

Karena masih penasaran ku coba telusuri pakai mesin pencari google dengan mengklik nama Sobiq Fanani dan ternyata muncul info terkait, termasuk Facebooknya. Kucoba klik di FBnya untuk melihat fotonya, cuman wajahnya gak terlalu jelas kelihatan karena fotonya (seperti dlm imageq diatas ) pakai seragam dan perlengkapan pilotnya yang hampir menutupi sluruh wajahnya. Mau nelpon ke telpon rumahnya gak enak, soalnya lama gak pernah komunikasi. Tapi q berharap besok2 ada berita di Tivi yg memperlihatkan dengan jelas siapa sebetulnya SOBIQ FANANI.

10 komentar:

  1. Mungkin mmg temannya Ngofa. Yang jelas atas musibah yang menimpa pilot heli itu saya turut berduka cita. Innalillahiwainnaillaihi roji'un.

    BalasHapus
  2. Kasian bgt jadi korban, mgg depan sapa lagi ya yang kena giliran jatuh pake heli..

    BalasHapus
  3. wuiiiihh ella merinding baca-nya......jadi sedih....hiks hiks hiks

    coba telepon kerumahnya aja...daripada penasaran n kepikiran terus

    BalasHapus
  4. oya....bang.....tukeran link yaa..linknya dah ella add tuh heheh

    BalasHapus
  5. iya, ada yang jatuh lagi kemarin sore, temannya ya? turut berduka cita mas, TNI nya juga sih, heli jupul masih dipake, kalo diurut balik lagi ke pemerintah

    BalasHapus
  6. Jadi ikutan bersedih sekaligus penasaran nih...
    Coba telp aja ke rumahnya utk memastikan. Keluarganya pasti juga senang masih ada teman-2 almarhum yg peduli...

    BalasHapus
  7. pasti masih di jakarta jadi gak sempet udpate

    BalasHapus
  8. Betul itu sudah, Masbro...ini rekan kita yg di Desa Pembengis...ada fotonya di album fesbuk-ku. Ikutan ekspos juga yaa..mhn klik : http://poerna05.blogspot.com

    BalasHapus