Mahkota Sultan Tidore

Jumat, 15 Mei 2009

HIDAYAT NURWAHID KUNJUNGI TIDORE (Usul Digelar Lomba Renang Internasional Ternate-Tidore)


Hari kamis pagi kemarin, 14 Mei 2009, Pemkot Tidore kedatangan tamu dari MPR. Sepertinya tidak ada agenda khusus dalam kunjungan tsb. Dari rombongan yang terlihat jelas dan dikenal hanyalah Pak Hidayat Nurwahid dan AM Fatwa.

Rombongan tersebut sebetulnya telah dijemput terlebih dahulu di Ternate ketika mendarat di Bandara Sultan Babullah Ternate oleh Wakil Gubernur Maluku Utara, Ustadz K.H. Abdul Gani Kasuba, Lc yang nota bene adalah Ketua PKS Maluku Utara. Dari Ternate, rombongan langsung menuju Tidore naik speed boat dan tiba di Pelabuhan Rum Tidore pukul 10.00 WIT.

Tiba di Tidore, seperti biasa dalam menyambut tamu istimewa, dilakukan prosesi adat Joko Hale (Injak Tanah) serta tari-tarian khas daerah. Rombongan selanjutnya menuju Pondok Pesantren Harisul Khairat yang disambut ratusan santri dan pengajar. Di tempat tersebut, Pak Hidayat sempat mengingatkan tentang semangat para pahlawan menentang penjajah. “ Sejarah rempah-rempah Ternate dan Tidore sangat terkenal di Eropa hingga Timur Tengah, kita juga tahu sejarah Sultan

Nuku dari Tidore yang sangat heroik,” jelas beliau yang disambut tepuk tangan meriah para santri.
Setelah sekitar 30 menit bertapap muka di Pesantren, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Museum Kesultanan Tidore dan melihat secara langsung koleksi barang2 antik zaman kesultanan Tidore, termasuk Mahkota Sultan Tidore yang rambutnya selalu bertumbuh sempat membuat pak Hidayat terkagum-kagum. Setelah itu rombongan juga menyempatkan diri berziarah di Makam Sultan Nuku. “ saya memilki keterikatan emosi dengan Tidore dan Ternate karena heroisme Sultan Babullah dan Sultan Nuku yang luar biasa mengangkat harkat dan martabat bangsa, tutur Pimpinan PKS tersebut.

Di akhir perjalanan ketika akan kembali menyeberang ke Ternate, Pak Hidayat mengatakan bahwa, “ melihat keindahan Ternate dan Tidore serta nama besar dan potensi Bahari, beliau mengusulkan kepada Pemerintah Pusat dan Pemda Propinsi agar dibuat even renang antar pulau tingkat Nasional bahkan Internasional.

Jika nanti benar-benar diadakan lomba renang antar pulau dari Ternate ke Tidore, maka saya mengundang kepada teman2 di negeri Bloggerize agar turut berpartisipasi dalam even tersebut. Siapa yang berminat ???

9 komentar:

  1. wah asyik pasti ya renang antar pulau..nggak ada pausnya tuh mas tidore hehhe...

    BalasHapus
  2. Saya berminat Ngofa, cm nonton aja ah. Mana sanggup renang dgn jarak Ternate - Tidore, hehe.

    BalasHapus
  3. weh ada lomba rena ng ternate tidore?

    BalasHapus
  4. kunjungan pagi sebelum ngantuk salam kenal aja

    BalasHapus
  5. pengen sekali-kali ke tidore, keliling indonesia... mudah2an suatu saat tercapai... amiiinn.... keep share

    BalasHapus
  6. pulau seberang pulaau beta-e
    kita berenang sampai tidore

    BalasHapus
  7. @LolY : Ada sih Paus tapi bisa dipake buat tumpangan ke Tidore
    @Newsoul : Coba aja dulu mba, pake gaya Dada, nyemplung langsung dada....
    @BRInet : Tunggu aja tanggal mainnya, pasti q kabarin
    Just_Fatamorgana : Tamunya gak PENTING kok, Pendek Keriting maksdq...
    @Bunga_Siak :Met Bobo..
    @Aalil BelajarSEO :q doakan moga cepat ke Tidore
    @Mas Eka :Seperti syair lagu ya...

    BalasHapus
  8. Kalau benar ada acara renang antara pulau itu, pastinya akan mendapat menyertaan daripada saya di Malaysia ini. Menang atau kalah bukanlah matlamatnya tetapi penyertaan dalam acara itu sekurang-kurangnya membuatkan saya merasa megah terhadap sejarah Ternate dan Tidore di persada sejarah dunia.
    Syabas terhadap blogger ini . Wassalam.

    BalasHapus